Walikota pimpin Rapat persiapan Khanduri Laot Festival 2019

Kamis, 28 Februari 2019 KEGIATAN WALIKOTA

Oleh sabangkota

Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom memimpin rapat persiapan Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir Khanduri Laot Festival 2019 dengan tema "dari Sabang untuk Indonesia" bertempat di Aula lantai IV Kantor Walikota Sabang.

Dalam rapat persiapan Gelar Tradisi Khanduri Laot Festival 2019, Wali Kota Sabang Nazaruddin S.I.Kom mengatakan pergelaran even Khanduri Laot Festival merupakan even kearifan lokal yang telah menjadi agenda tahunan bagi Pemerintah Kota Sabang dan insyaAllah akan digelar akhir bulan maret.

"Even Khanduri Laot Festival insyaAllah akan digelar akhir bulan maret. Even ini dipastikan akan berdampak pada kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara dan tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat Sabang" kata Tgk. Agam.

"Dalam pelaksanaan Festival Khanduri Laot 2019 nantinya akan diadakan berbagai kegiatan seperti perlombaan kuah beulangong, khanduri Aulia 44 keramat, dzikir aceh, dialog panglima laot se-Aceh dan juga atraksi-atraksi lainnya yang bernuasa kearifan lokal" terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Faisal S.Sos M.AP menyatakan bahwa dalam even Khanduri Laot tahun ini sudah ada permintaan dari persatuan kebudayaan laut dari provinsi lainnya di luar Aceh untuk ikut dalam gelaran ini, seperti pengurus kebudayaan laut dari provinsi Sumatera Utara, provinsi Riau dan Sumatera Selatan. "Ketiga provinsi tersebut sudah menyatakan untuk ikut serta pada Festival Khanduri Laot 2019 di Sabang yang akan digelar pada tanggal 30 Maret hingga 01 April 2019" ujarnya.

"Diharapkan pada pergelaran Festival Khanduri Laot yang kedua ini, seluruh instansi Pemerintah, TNI/Polri, para stakeholder dan elemen masyarakat untuk terlibat dalam Festival Khanduri Laot, sebagai kegiatan kebanggaan rakyat Aceh" jelasnya.

Sedangkan Kabid Kebudayaan Disbudpar Kota Sabang, Ramlan Yahya menyampaikan, pelaksanaan Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir Khanduri Laot Festival 2019 untuk Indonesia, tidak hanya diikuti peserta dari Sumatera saja tetapi juga ada keinginan dari negara tetangga yaitu Malaysia. "Dari negara malaysia juga sudah berkomnikasi dengan Kita untuk ikut berpartisipasi dalam gelaran even Khanduri Laot kali ini" katanya.

HUMAS PEMKO SABANG