Gubernur Aceh Buka Seminar Pengembangan Kawasan Sabang

Rabu, 27 Februari 2019 KEGIATAN

Oleh sabangkota

Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT membuka seminar Pengembangan Kawasan Sabang bertempat di Aula Badan Pengusaha Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Selasa (26/2/2019).

Wakil Wali Kota Sabang, Drs. H. Suradji Junus ikut menghadiri seminar tersebut bersama unsur Forkopimda, para ulama, pengusaha, tokoh masyarakat, LSM serta sejumlah SKPK terkait dari Provinsi Aceh, Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar.

Nova Iriansyah mengatakan, untuk membangun dan mengelola Sabang harus ada inovasi yang luar biasa. "Tidak ada Superman yang mampu memajukan Sabang, tidak ada orang kuat, orang hebat, yang mampu memajukan Sabang tanpa adanya kolaborasi, dengan rakyat, ulama, tokoh masyarakat, dan semua elemen masyarakat" katanya.

"Sebagai orang yang paling bertanggung jawab dalam persoalan pengembangan kawasan pelabuhan bebas Sabang adalah, Dewan Kawasan, Dewan Pengawas BPKS, dan tentu saja, dalam hal ini ujung tombaknya BPKS. Oleh karena itu, saya minta semua harus bersatu padu, mari kita bergandengan tangan, untuk saling baju membahu memajukan Sabang" terangnya.

"Saya juga berharap kepada Kepala BPKS bersama Wali Kota Sabang dan Bupati Aceh Besar agar dapat segera menginventarisasi apa saja persoalan-persoalan yang menghambat selama ini yang perlu dilakukan" sebutnya.

Pembenahan baik dari sisi regulasi seperti, peraturan yang mengatur lalu lintas barang dari dan ke Kawasan Sabang, maupun regulasi yang terkait dengan sektor perikanan dan kelautan yang belum dilimpahkan Pemerintah Pusat kepada Dewan Kawasan Sabang, dapat didorong kembali melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan, agar ekonomi Kawasan Sabang dapat berdenyut kembali," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk dapat bangkit dan maju kembali Kawasan Sabang, maka dapat dilakukan dengan mendatangkan sebanyak-banyaknya wisatawan ke Sabang melalui berbagai event sebagai sarana promosi. Event Promosi harus dilaksanakan setiap bulan di Sabang maupun di Pulau Aceh.

Sebelum mengikuti seminar, Plt. Gubernur Aceh beserta rombongan menyerahkan bantuan masa panik dan bantuan material kepada keluarga korban kebakaran di Gampong Tapak Gajah.

HUMAS PEMKO SABANG