Pemerintah Kota Sabang buka kerjasama dengan UNICEF

Rabu, 23 Januari 2019 KEGIATAN WALIKOTA

Oleh sabangkota

Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom membuka kegiatan Pertemuan Awal Kemitraan Pemerintah Kota Sabang dengan UNICEF untuk Pengentasan Masalah Malnutrisi Ibu dan Anak tahun 2019-2020 bertempat di Aula Bappeda Kota Sabang. Selasa (22/1/2019).

Wali Kota Sabang dalam sambutannya mengucap terimaksih kepada UNICEF sebagai mitra Pemerintah melalui program pengentasan masalah malnutrisi ibu dan anak dan diharapkan akan dapat mewujudkan generasi penerus tanpa stunting di Kota Sabang.

"Kita harapkan melalui program ini, kita sama-sama yakin InsyaAllah lima atau sepuluh tahun kemudian, anak-anak Kita tidak ada yang kekurangan gizi lagi" harapnya Tgk. Agam.

Lebih lanjut Wali Kota juga meminta kepada seluruh warga Sabang untuk mendukung program yang akan dijalankan oleh Pemerintah bersama Unicef ini, guna menakan angka kemiskinan serendah- rendahnya di kota Sabang.

Selain program ini, program pemberantasan kemiskinan jauh- jauh hari pun telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Sabang dan akan diteruskan. Program yang dimaksud antara lain beasiswa pendidikan, listrik dan gas LPG gratis, serta rumah duafa.

Pada kesempatan yang sama, Kepala perwakilan Unicef Aceh, Andi Yoga Tama mengatakan pertemuan ini merupakan starting poin kerja sama yang dirasa sangat perlu dilakukan, mengingat Aceh sebagai daerah dengan stunting tertinggi di Indonesia.

“Berdasarkan data bahwa paling banyak stunting di Aceh, sekitar 30- 40% berdasarkan data Dinkes, hampir merata di seluruh Aceh. Malnutrisi ini sebetulnya salah satu yang berkontribusi terhadap stunting, karena bahaya dari malnutrisi atau stunting ini akan berpengaruh pada perkembangan otak anak” kata Andi Yoga.

Dia menambahkan, dalam rangka mengatasi hal ini Unicef akan terus mendukung Pemerintah Kota Sabang, dengan menempatkan dua orang konsultan baik di Bappeda yang akan bertugas mengkoordinasi program yang telah ditata dan satu konsultan lainnya akan bertugas di Dinas Kesehatan guna penanganan teknis isu-isu kesehatan, serta dibantu oleh tiga orang implenting partner dari Flower Aceh.

HUMAS PEMKO SABANG