PN Tolak Praperadilan Kapal Silver Sea

BERITA MEDIA

Selasa, 06 Oktober 2015

SABANG - Pengadilan Negeri Sabang, menolak permohonan praperadilan yang diajukan pemilik kapal MV MV Silver Sea-2 melalui kuasa hukumnya Sofyan SH, terkait penangkapan kapal MV Silver Sea-2 oleh KRI Teuku Umar-385 di kawasan Sabang 12 Agustus 2015 lalu, dalam sidang di PN Sabang, Senin (5/10).
Sidang putusan itu dipimpin hakim tunggal Dennie Arsan Fatrika SH. Hadir dalam persidangan tersebut, kuasa hukum MV Silver Sea-2 (termohon) Sofyan SH, sedang dipihak termohon dihadiri kuasa termohon Letkol Laut (KH) Hery Supriatno SH MH dan Lettu Laut (S) Johan Ruslianto SH.
Dalam sidang itu hakim Denni Arsan Fatrika SH membacakan putusan antara lain, setelah mendengar permohonan dan bukti-bukti yang diajukan kuasa hukum kapal MV Silver Sea-2 dan jawaban dari kuasa termohon pada sidang sebelumnya, hakim menilai bahwa dalam perkara ini pemohon tidak memiliki legal standing atau tidak memiliki hak untuk mengajukan permohonan praperadilan.
Bahwa materi eksepsi termohon mengenai permohonan praperadilan yang diajukan pemohon adalah salah alamat, karena termohon tidak melakukan upaya apapun yang dipersoalkan sebagai materi dalam praperadilan ini.
Dalam permohonan praperadilan ini, pemohon telah menentukan pihak pemerintah RI cq (casu quo) Markas Besar Angkatan Laut RI cq Pangamabar cq Danlanal Sabang sebagai pihak termohon. Berdasarkan bukti surat yang diajukan pemohon dipersidangan tidak ada satu surat pun yang dapat menerangkan bahwa termohon Danlanal Sabang telah melakukan upaya paksa berupa penangkapan, penahanan dan penyitaan terhadap kapal Silver Sea-2 beserta kapten, awak kapal dan surat-surat lainnya.
Sementara termohon (Danlanal Sabang) hanya sebagai pihak menerima penitipan kapal Silver Sea-2 bersama anak buah kapal dari Komandan KRI Teuku Umar 385. Memperhatikan pasal 79 pasal 81 UU RI nomor 8 tahun 1981 tentang KUHAP serta aturan lain yang bersangkutan dengan perkara ini mengabulkan eksepsi dari termohon dalam berpekara ini dan dinyatakan permohonan praperadilan pemohon tidak dapat diterima.(az)

sumber: aceh.tribunnews.com