Pemkot Sabang : Zakat Fitrah wajib gunakan beras

Rabu, 08 Juli 2015 BERITA MEDIA

Oleh sabangkota

SABANG – Membayar Zakat fitrah bagi setiap muslim adalah wajib hukumnya. Pemerintah Kota sabang menetapkan pembayaran Zakat Fitrah pada tahun 1436 H /2015 M wajib ditunaikan dengan makanan pokok sesuai dengan yang dikonsumsikan (beras).

Hal ini ditegaskan Walikota Sabang, Zulkifli H Adam usai musyarawah dengan 20 Imum masjid se Kota Sabang. “Jadi, ini merupakan hasil musyawarah besama 20 orang Imum dan tim penasehat Walikota dan Wakil Walikota,” katanya.

Dia menambahkan, sebagaimana biasanya, bagi kaum muslimim membayar zakat fitrah pada bulan Ramadhan tepatnya sebelum pelaksanaan Shalat Id (Shalat Idul Fitri red*), dan fungsi zakat fitrah adalah untuk membersihkan dan menyucikan diri dari harta.

“Membayar zakat fitrah dengan menggunakan beras adalah keputasan bersama para Imum masjid yang merupakan tim penasehat,” ujarnya dalam forum tersebut di lantai empat aula Walikota.

Kemudian tambahnya, Badan Baitul Mal Gampong sebagai Badan Amil zakat fitrah dan Keuchik serta Imum Menasah sebagai koordinator di Gampong. Dan kepada wajib zakat diharapkan menunaikan fitrahnya pada amil zakat teretorialnya masing-masing.

“Pembayaran zakat fitrah wajib serta sah ditunaikan dengan makanan pokok yang dikonsumsi (beras) dengan kadar atau ukuran sebanyak 1,5 bambu ditambah satu gemgam beras atau setara dengan 2,5 kilo gram perjiwa dengan merujuk pada mazhab Syafi’i,” tutur Zulkifli.

www.ajnn.net